Sebuah Pengantar Teknologi Pertanian

Pertumbuhan jumlah penduduk harus seiring dengan kesiapan sektor pertanian untuk mencukupi pangan dunia. Hal ini perlu ditopang dengan teknologi, metode dan pengetahuan dalam bidang pertanian. Ketidak seimbangan pola konsumsi dunia utara dan dunia selatan merupakan masalah baru dalam ketahanan pangan. Apakah dengan metode dan teknologi yang dimiliki dunia sekarang cukup untuk memenuhi pangan dunia? Banyak teknologi baru yang telah dilakukan untuk meningkatkan produksi seperti : GM (Genetic Modified), ekstensifikasi, organic farming dan lain sebagainya. Namun tetap saja sampai saat ini masih terdapat kekurangan paangan dimana-mana.

Gandhi pernah berkata "Bumi ini mampu mencukupi semua kebutuhan manusia namun bukan untuk mencukupi kerakusan manusia"

Apa yang sebenarnya terjadi dengan pertanian dunia sekarang ?
1. Tekanan Climate change: perubahan cuaca, gagal panen, bencana, epidemic
2. "Food Culture" penduduk utara: kasus obesitas di beberapa negara maju
3. Kapitalisme :GM (merupakan produk industri) dengan menyandang hak patent
4. Tekanan pasokan energi dunia: Lahan pertanian harus berkurang diganti dengan tanaman untuk menghasilkan energi terbaharui.

masih banyak lagi hal-hal yang menyebabkan terjadinya kasus kelaparan dan kekurangan pangan.

Banyak aspek yang harus di jelaskan untuk itu perlunya informasi yang jelas dan objecktif dalam menyikapi masalah ini. Blog ini didedikasikan untuk menyebarkan informasi seputar masalah pertanian yang fokus pada "sustainable nutrition" , "food security", "food culture" dan "teknologi pertanian".

Postingan Populer