Food Culture (1)


Apa itu 'food culture'?, saya mencoba mencarikan terjemahannya dalam bahasa Indonesia namun sepertinya tidak sesuai dengan pengertian 'food culture'. Apabila diterjemahkan langsung kedalam Bahasa Indonesia perngertiannya adalah (1) budaya makan atau (2) makanan budaya. Untuk pengertian pertama sepertinya tidaklah umum dipakai dalam kata ilmiah dibidang ilmu gizi. Kata yang sering digunakan adalah 'food habit' atau menggunakan istilah 'eating behavior'. Untuk pengertian yang kedua makanan budaya atau lebih sederhana boleh dikatakan sebagai makanan yang terbentuk oleh budaya. Tapi hal ini juga belum menjelaskan arti dari food culture itu secara menyeluruh.
Konsep dari 'food culture' itu adalah 'life style' yang teritegrasi dengan pemahaman tentang kepekaan terhadap lingkungan sekitar; dimulai dari pemilihan, pengolahan makanan, gizi, organoleptik dan tentunya 'life cycle assessment'. Tujuannya adalah agar tercapainya kualitas dan kuantitas gizi yang berkesinambungan tanpa harus mendegradasi sumber sumber alam sekitar.
Konsep konsep 'food culture' ini sangat diperlukan untuk mendapatkan sumber gizi yang effisien tanpa harus menghilangkan makanan tradisional yang telah ada.

Postingan Populer